Garuda ‘Kritis’, Defisitnya Kalahkan Jiwasraya!

10 Nov 2021  |  143x | Ditulis oleh : Kak Min
Garuda ‘Kritis’, Defisitnya Kalahkan Jiwasraya!

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyebutkan kondisi keuangan yang saat ini terjadi di PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) sudah semakin parah. Ekuitas negatifnya saat ini bahkan lebih parah dibanding dengan kondisi yang terjadi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan saat ini Garuda sudah mengalami negatif ekuitas senilai US$ 2,82 miliar atau setara dengan Rp 40,04 triliun (asumsi kurs Rp 14.200/US$) per September 2021.

“Dan kami tekankan yang mungkin belum terlalu melihat neraca Garuda. Neraca Garuda itu mengalami negatif ekuitas US$ 2,8 miliar. Jadi ini rekor. Kalau dulu rekornya dipegang Jiwasraya, sekarang udah disalip Garuda,” kata Tiko, panggilan akrabnya dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, dilansir CNBCIndonesia, Selasa (9/11/2021).

Kondisi ekuitas negatif ini disebabkan karena liabilitas perusahaan yang secara total berjumlah US$ 9,756 miliar atau setara Rp 138,53 triliun, sedangkan nilai aset perusahaan hanya senilai US$ 6,928 miliar atau Rp 98,37 triliun.

Kondisi ini terus memburuk sebab nilai ekuitas negatif ini terus meningkat setiap bulannya sebesar US$ 100 juta-US$ 150 juta (Rp 1,42 triliun-Rp 2,13 triliun) di tengah pandemi ini.

Dengan kondisi ini, Tiko menyebut Garuda sebetulnya secara teknikal bangkrut alias technically bankrupt.

“Nah sementara dalam kondisi seperti ini kalau istilah perbankan sudah technically bankrupt, technically, tapi legally belum. Ini yang sekarang kita berusaha bagaimana kita bisa keluar dari situasi yang secara technically bankrupt, karena practically semua kewajiban Garuda sekarang sudah tidak dibayar, bahkan gaji pun sebagai sudah ditahan,” ungkapnya.

Sebagai gambaran, untuk Jiwasraya hingga 30 November 2020 lalu perusahaan ini mencatatkan ekuitas negatif mencapai Rp 38,6 triliun dengan nilai liabilitas yang jatuh tempo pada 30 November 2020 ini mencapai Rp 19,3 triliun.

Sedangkan secara keseluruhan sampai periode tersebut, nilai utang yang ditanggung oleh Jiwasraya mencapai Rp 54,4 triliun.

Tiko mengatakan dari jumlah total kewajiban US$ 9,756 miliar atau setara Rp 138,53 triliun itu, utang dari sewa pesawat mendominasi mencapai US$ 9 miliar atau setara Rp 128 triliun.

Sebab itu perseroan berkomitmen terus melakukan pembicaraan dengan para lessor untuk melakukan restrukturisasi, menurunkan kewajiban Garuda dari US$ 9,75 miliar menjadi US$ 2,6 miliar.

Pembicaraan itu dilakukan dengan lessor dan juga bank-bank termasuk Bank Himbara dan juga BUMN Pertamina.

“Jadi memang kunci, kalau saya sampaikan bahwa yang menjadi kunci utama sukses atau tidaknya restrukturisasi Garuda ialah persetujuan kreditor. Ini penting karena tanpa adanya persetujuan kreditor tidak mungkin pemegang saham bergerak,” kata Tiko.

“Ini kami tekankan Bapak Ibu, bahwa nasib Garuda ini bukan hanya dari pemegang saham, tapi juga kreditor, karena kreditor juga harus menyadari bahwa tanpa adanya haircut yang signifikan maka neraca Garuda yang tadi ekuitas negatif tidak akan balancing.”

“Dalam 1-2 bulan ini kami aktif negosiasi dengan lessor, bank, Himbara, Pertamina, karena para kreditor harus mengakui dan menerima bahwa harus ada pengurangan utang yang signifikan karena jika tidak, neraca yang technically bankrupt tadi tidak akan survive.  (hajinews)

Baca Juga:
Disentil Rizal Ramli Usai Beli Saham Hampir Rp100 Miliar, Kaesang jadi Trending Topik

Disentil Rizal Ramli Usai Beli Saham Hampir Rp100 Miliar, Kaesang jadi Trending Topik

Nasional      

15 Des 2021 | 157 Kak Min


Putra bungsu Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep saat ini tengah jadi sorotan. Usai dirinya disentil oleh ekonom Rizal Ramli gara-gara membeli saham hampir menyentuh angka Rp100 ...

Ladang Bisnis Baru Lewat Mahalnya Biaya Rapid Test, Benarkah?

Ladang Bisnis Baru Lewat Mahalnya Biaya Rapid Test, Benarkah?

Nasional      

29 Jun 2020 | 470 Kak Min


Guna menekan angka penyebaran dan penularan covid-19 , pemerintah gencar melakukan test cepat atau sering kita dengar dengan rapid test. Namun langkah pemerintah tersebut banyak menuai ...

Cinta Produk Indonesia dengan Menggunakan Cloud Storage Indihome

Cinta Produk Indonesia dengan Menggunakan Cloud Storage Indihome

Tips      

6 Des 2021 | 142 Kak Min


Jaman sudah semakin canggih sehingga banyak orang yang saat ini tidak bisa lepas dari yang namanya kebutuhan internet. Semua kebutuhan hidup sepertinya sudah di atur oleh teknologi yang ...

5 Tips Ini Cocok untuk Kamu Memulai Gaya Hidup Sehat

5 Tips Ini Cocok untuk Kamu Memulai Gaya Hidup Sehat

Kesehatan      

20 Jan 2020 | 857 Kak Min


Mitra-media.com - Semua orang, menginginkan untuk senantiasa sehat dalam kehidupannya, betul? Namun, untuk menjaga kesehatan dan melakukan pola hidup sehat, bagi sebagian ...

Pentingnya Pendidikan Agama untuk Anak Muda

Pentingnya Pendidikan Agama untuk Anak Muda

Tips      

8 Maret 2021 | 309 Kak Min


Sekolah Islam saat ini adalah menjadi prioritas utama bagi orang tua, karena dengan kita memilih sekolah yang berbasis Islam agar putra-putri kita kelak bisa tumbuh menjadi anak yang soleh ...

Perhatikan Hal Berikut  Ini Saat Memilih Klinik Kulit Terbaik

Perhatikan Hal Berikut Ini Saat Memilih Klinik Kulit Terbaik

Tips      

27 Apr 2020 | 874 Kak Min


Zaman sekarang ini banyak sekali klinik kulit yang menawarkan berbagai macam kelebihan-kelebihan. Dengan banyaknya klinik kulit yang ada, Anda harus lebih berhati-hati dalam mencari Klinik ...