Bid’ah Bukan Dalam Urusan Dunia

25 Jun 2023  |  784x | Ditulis oleh : Kak Min
Bid’ah Bukan Dalam Urusan Dunia

Orang yang tidak faham suatu masalah memang suka asal bicara. Perlu sekali ditegaskan bahwa yang dimaksudkan dengan bid’ah yang tercela sehingga membuat amalannya tertolak adalah, bid’ah dalam agama dan bukanlah perkara baru dalam urusan dunia yang tidak ada contoh sebelumnya. Seperti naik motor, naik becak, naik sepeda, naik pesawat, naik mobil, dan sebagainya.

“dikit-dikit dibilang bid’ah, dikit-dikit bid’ah? Mau baca surat yasin tiap malam jumat dibilang bid’ah, mau dzikir 7777 kali tiap malam Rabu Pahing dibilang bid’ah, ini bid’ah, itu bid’ah, kalau begitu pergi haji pake unta aja kayak zaman Nabi, pesawat kan ga ada di zaman Nabi, itu Bid’ah pakai pesawat…”

Contoh komentar diatas adalah komentar orang yang belum mengerti hakikatnya bid’ah, padahal memahami bid’ah sama pentingnya dengan memahami sunnah, sebagaimana pentingnya memahami syirik lawan dari tauhid.

Kalau dulu kaum muslimin berangkat haji dengan mengendarai unta, kemudian terus berkembang hingga menggunakan pesawat terbang. Namun pesawat terbang yang orang gunakan untuk pergi ibadah haji saat ini, bukanlah tujuan utama dari ibadah haji.

Dan orang yang menggunakan pesawat terbang untuk pergi ibadah haji, tidak menjadikan pesawat terbang sebagai salah satu syarat dalam ibadah haji.

Pesawat terbang bisa diganti atau bahkan tidak di gunakan apabila ada sarana transportasi yang lebih baik.

Dan apakah orang yang pergi haji naik pesawat terbang itu berpikir bahwa jika dengan menggunakan pesawat terbang, ibadah hajinya akan jadi lebih mabrur?

Atau mereka meyakini kalau kendaraan yang digunakan untuk pergi ibadah haji tesebut hanya sebagai sarana transportasi.

Berbeda dengan syarat-syarat dan rukun-rukun dalam ibadah haji, tidak boleh ada yang dirubah, ditambah atau dikurangi, apalagi sampai dihilangkan.

Jadi jelas, pesawat terbang yang orang gunakan untuk pergi ibadah haji, hanyalah sarana transportasi belaka, sama halnya dengan orang yang berangkat shalat jum’at naik becak, motor, mobil atau kendaraan lainnya.

Mereka yang tidak paham mungkin rancu dengan istilah bid’ah secara bahasa. Secara bahasa bid’ah adalah segala sesuatu yang baru tanpa ada contoh sebelumnya. Jadi pesawat, HP dan laptop di zaman sekarang ini adalah bid’ah secara bahasa, bukan pengertian bid’ah dalam syariat.

Barakallahu fikum

Baca Juga:
Menghilangkan Noda Hitam di Ketiak dengan Mudah dan Aman

Menghilangkan Noda Hitam di Ketiak dengan Mudah dan Aman

Tips      

21 Maret 2023 | 397 Kak Min


Untuk sebagian orang terutama wanita, ketiak hitam menjadi salah satu sumber timbulnya rasa malu dan tidak percaya diri. Memiliki ketiak hitam membuat orang tidak mau mengenakan atasan ...

Cream Membuat Wajah Cantik Bebas dari Flek Hitam

Cream Membuat Wajah Cantik Bebas dari Flek Hitam

Tips      

17 Maret 2021 | 1944 Kak Min


Semua orang menginginkan wajah yang mulus baik itu pria atau wanita dan tentu khususnya wanita. Paparan sinar matahari untuk kita yang tinggal di Indonesia lama kelamaan bisa menyebabkan ...

Siapapun Bisa Mewujudkan Mimpinya dengan Mendaftar Beasiswa LPDP

Siapapun Bisa Mewujudkan Mimpinya dengan Mendaftar Beasiswa LPDP

Kampus      

7 Maret 2022 | 1221 Kak Min


Beasiswa LPDP adalah beasiswa yang paling ditunggu-tunggu bagi semua orang yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau S3. Apakah anda mau tahu lebih banyak lagi tentang beasiswa ...

Letakkan Bawang Putih Di Telinga? Setelah 10 Menit Coba, Langsung Ketagihan Setiap Hari

Letakkan Bawang Putih Di Telinga? Setelah 10 Menit Coba, Langsung Ketagihan Setiap Hari

Kesehatan      

15 Apr 2022 | 941 Kak Min


Semua pasti memiliki bawang putih di dapur. Karena bawang putih merupakan bahan masakan yang penting. Tak sedikit yang membeli bawang putih dalam jumlah ...

Ini 6 Kebiasaan Buruk yang Meningkatkan Resiko Tertular Penyakit Meningitis

Ini 6 Kebiasaan Buruk yang Meningkatkan Resiko Tertular Penyakit Meningitis

Kesehatan      

9 Apr 2020 | 2298 Kak Min


Penyakit Meningitis, sedang banyak diperbincangkan, salahsatunya karena menjadi penyebab meninggalnya musisi ternama tanah air, Glenn Fredly. Selain itu, penyakit meningitis semakin menjadi ...

Peran Universitas Pertamina dalam Optimalisasi  Penerapan Teknologi Carbon Capture, Utilization, and Storage (CCUS)

Peran Universitas Pertamina dalam Optimalisasi Penerapan Teknologi Carbon Capture, Utilization, and Storage (CCUS)

Kampus      

9 Apr 2022 | 1119 Kak Min


1. Latar Belakang Indonesia ranking ke delapan dari sepuluh negara penyumbang emisi Gas Rumah Kaca (GRK) terbesar di dunia (World Research Institute/ WRI, 2018). Tahun 2030, ...